Cara Mengganti Template Blogger.com

Untuk mengganti template, pertama yang harus Anda putuskan adalah apakah Anda ingin menggunakan template yang sudah disediakan oleh Blogger.com, atau memilih untuk menggunakan template lain, mungkin hasil desain sendiri atau didapat dari situs lain.
Jika Anda ingin menggunakan template sendiri maka sebaiknya unduh dari file template pilihan Anda terlebih dahulu. Namun jika Anda memilih menggunakan template yang sudah ada, maka Anda bisa langsung memulai proses perubahan template.
  • Buka halaman Blogger.com dan masuk ke akun Google Anda. Kemudian klik blog yangtemplate-nya hendak diganti, di dalam kasus ini saya masih menggunakan blog yang kita buat di tips sebelumnya dua minggu yang lalu.
     


Cara Mengganti Template Blogspot_1Setelah berada di dashboard blog klik menu Template.



Cara Mengganti Template Blogspot_2

  • Masih di menu Templatescroll mouse Anda dan temukan sejumlah pilihan template yang sudah disediakan oleh Blogger.com. Ini yang saya maksudkan di paragraf awal, jika Anda ingin menggunakan template yang sudah ada silakahkan arahkan kursor ke salah satutemplate dan klik opsi Terapkan ke Blog.


Cara Mengganti Template Blogspot

  • Tetapi apabila Anda ingin menggundakan template buatan sendiri atau orang lain, lihat sudut kanan atas layar komputer Anda dan temukan tombol Cadangkan/Pulihkan atau jika dalam bahasa Inggris Backup/Restore.


Cara Mengganti Template Blogspot

  • Setelah tombol tersebut Anda klik, maka akan muncul jendela popup seperti gambar di bawah ini. Untuk melanjutkan klik tombol Browse.


Cara Mengganti Template Blogspot

  • Anda akan diminta untuk memilih file template yang sudah Anda unduh sebelumnya, jika sudah ditemukan klik tombol Open. (jenis file yang dibrowse adalah xml, file dapat didownload dialamat website btemplates.com)


Cara Mengganti Template Blogspot

  • Anda akan kembeli ke jendela popup tadi, lalu klik tombol Unggah.


Cara Mengganti Template Blogspot

  • Setelah pemberitahuan proses unggah (upload) template selesai maka sekarang blog Anda sudah menggunakan template baru, coba buka halaman muka dan perhatikan. Mungkin Anda akan menemukan susunan template yang kacau, untuk memperbaikinya Anda perlu membaca panduan modifikasi yang biasanya disertakan di dalam file template yang Anda unduh. Semua panduan akan menuntun Anda ke menu tata letak, untuk itu klik Tata Letakatau Layout kemudian terapkan semua tutorial yang diberikan oleh pembuat template. Jika sudah selesai, klik tombol Simpan dan lihat perubahan yang terjadi.


Cara Mengganti Template Blogspot_8

Untuk mempermudah penggantian template, saya merekomendasikan Anda untuk memilihtemplate yang sederhana. Template yang rumit membutuhkan banyak proses modifikasi, dan jika terlalu sulit dikhawatirkan justru membuat Anda patah semangat dan meninggalkan blogyang baru Anda buat.
Namun demikian, jika Anda memiliki waktu lebih untuk mencoba, sejatinya cara menggantitemplate di Blogger.com atau blogspot itu sangat mudah. Keep simple and happy blogging!

Post a Comment

0 Comments