Learning By Doing

Mengatasi Android yang Cepat Panas

Kenapa Hape Cepat Panas?


Ketahui Penyebabnya
Tentunya kita tidak akan bisa mengatasi masalah tanpa mengetahui penyebabnya. Cari tau penyebab yang mungkin bisa menjadi biang dari terjadinya overheat pada gadget tersebut. Perhatikan hal-hal berikut :
1. Kesalahan penggunaan
Hape cepat panasTerlalu sering menggunakan gadget untuk sms, telpon berlama-lama, chatting atau browsing. Atau bermain game terlalu lama juga bisa menyebabkan overheat, karena prosesor, GPU, dan komponen lainnya harus bekerja ekstra yang tentunya juga membutuhkan tenaga ekstra dari baterai, sehingga suhu baterai ikut meningkat karena aktivitas tersebut. Meski demikian, perlu dicatat bahwa sumber panas bukanlah sepenuhnya berasal dari baterai, tetapi yang paling sering menyebabkan panas adalah prosesor dari perangkat.
Solusi : Gunakanlah perangkatmu sewajarnya. Penggunaan berlebihan juga bisa menyebabkan daya baterai lebih cepat terkuras alias boros. Pemakaian wajar juga bisa membantu menghemat baterai gadget milikmu. 
2. Kondisi cuaca atau area sekitar, serta panas dari luar gadget itu sendiri
Kondisi ruangan yang pengap atau gerah juga bisa mempengaruhi masalah suhu berlebihan pada gadget. Cara memegang yang salah juga bisa mempercepat naiknya suhu pada gadget.
Solusi : Sebaiknya gunakan gadget di area yang lebih sejuk jika ingin menggunakannya untuk hal-hal yang cukup berat seperti bermain game, browsing dll. Lalu saat menggunakan gadget (smartphone), cobalah untuk memberikan ruang khususnya pada bagian belakang perangkat agar ia mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik.
3. Kekuatan sinyal atau jaringan yang kamu gunakan
Kekuatan sinyal juga berpengaruh pada naiknya suhu pada gadget. Jaringan atau sinyal yang lemah dan tidak stabil akan membuat gadget lebih cepat panas terutama jika digunakan untuk browsing. Hal ini terjadi karena gadgetmu akan terus mencari jaringan yang lebih baik jika sinyal yang didapatnya terlalu lemah yang (sekali lagi) menyebabkan gadget harus bekerja ekstra.
Solusi : Jika ingin browsing dengan gadget kesayangan, sebaiknya cari tempat yang lebih terbuka. Karena selain lebih sejuk, sering kali jaringan tersebut terhalang oleh tembok, sehingga sinyal yang diterima oleh gadget menjadi lemah. Terlalu memaksakan memilih jaringan (dengan mengunci jaringan di 4G atau 3G Only misalnya) juga bisa menyebabkan gadget menjadi cepat panas.
4. WiFi dibiarkan menyala saat berada diluar jangkauan
Membiarkan konektivitas WiFi tetap menyala saat berada diluar jangkauan WiFi yang kamu gunakan juga merupakan salah satu penyebab mengapa suhu perangkat menjadi lebih tinggi, meski pengaruhnya tidaklah terlalu besar. Hal itu karena perangkat akan terus melakukan scan untuk menemukan konektivitas WiFi di sekitarnya jika ternyata jaringan yang digunakannya (sebelumnya) telah berada diluar jangkauan.
Solusi : Jika kamu menggunakan jaringan WiFi di rumah atau kantor untuk dapat terkoneksi dengan internet, maka jangan lupa untuk mematikan konektivitas WiFi pada perangkat kesayanganmu ketika kamu ingin bepergian. Hal ini akan sedikit menghemat baterai dan juga membantu mencegah naiknya suhu perangkat meski memang konektivitas selular (3G/EDGE dll) juga akan menaikkan suhu perangkat dengan cepat. Setidaknya hal ini dilakukan untuk meminimalisir.
5. Terlalu banyak aplikasi melakukan proses di background
Sering kali aplikasi yang kita jalankan sebelumnya masih tetap melakukan proses “dibalik layar” atau di background. Memang hal ini bukanlah sebuah masalah jika kapasitas RAM masih mencukupi untuk menampung mereka semua, namun akan menjadi masalah ketika data dari aplikasi yang berjalan melebihi kapasitas RAM yang ada sehingga akan lebih membebani kinerja prosesor.
Melakukan proses disini maksudnya adalah aplikasi masih benar-benar aktif karena sebelumnya kita tidak menutup aplikasi melainkan hanya me-minimize nya saja sehingga aplikasi akan terus memaksa prosesor untuk bekerja. Contoh yang biasa mimin alami adalah ketika membuka browser dengan beberapa tab sekaligus, namun mimin lupa menutupnya karena mimin kemudian membuka aplikasi lain sehingga ketika mimin membuka kembali aplikasi browser, ia akan menampilkan konten yang sama seperti terakhir kali mimin membukanya lengkap dengan beberapa tab yang mimin buka sebelumnya.
Solusi : Gunakanlah tombol “back” atau menu “exit” setelah menggunakan aplikasi. Jangan gunakan tombol “Home” (biasa terletak di bagian tengah antara “menu” dan “back” pada gadget Android) untuk menutup aplikasi. Karena jika kamu menggunakan tombol Home, aplikasi tetap akan berjalan dibalik layar sehingga akan membebani kinerja prosesor dan RAM yang (sekali lagi) mengharuskannya bekerja ekstra.
6. Kerusakan baterai
Baterai yang sudah terlalu lama digunakan umumnya akan mengalami kerusakan yang ditandai dengan kembungnya baterai, keluarnya cairan dari baterai dll, terutama untuk baterai berjenis Li-Ion yang “masa hidupnya” ditentukan oleh seberapa sering ia di isi ulang.
Solusi : Gantilah baterai tersebut karena jika dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada gadget itu sendiri. Gunakanlah baterai original untuk menjamin kualitas.
7. Utamakan menggunakan WiFi
Memilih menggunakan konektivitas via Wi-Fi dapat membantu mengurangi resiko perangkat mengalami kepanasan atau overheat sehingga mimin lebih menyarankan untuk kamu agar lebih mem-prioritaskan untuk menggunakan Wi-Fi ketimbang koneksi via seluler langsung.
Jika hal diatas tidak membantu dan kamu masih merasa ada gangguan pada suhu gadget, ada baiknya kamu bawa ke service center terdekat karena bisa jadi ada kesalahan pada gadget itu sendiri entah dari segi hardware maupun software.
Nah itulah beberapa penyebab kenapa perangkat yang kita gunakan cepat panas serta beberapa tips untuk mengatasinya. Jika kamu sudah mengetahui beberapa penyebabnya, mimin harap nantinya kalian bisa mengatasi masalah ini dengan sendirinya.
sumber : techijau

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard