Penyebab Komputer Hang dan Cara Mengatasinya




Penyebab Komputer Hang

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai beberapa hal yang membuat computer terjadi Hang, Macet, ataupun Not Responding. Masalah semacam ini umumnya terjadi karena penumpukan file sampah yang jarang kita bersihkan, atau bahkan tidak pernah kita bersihkan karena ketidaktahuan mengenai cara perawatan komputer. Langsung saja simak Beberapa Hal Yang Membuat Komputer Mengalami Hang, Macet, Dan Not Responding berikut ini.

  1. Virus Komputer. Untuk yang pertama, Komputer dapat terjadi Hang karena Virus. Yap, kebanyakan virus pasti akan merusak sistem Windows yang anda miliki. Solusinya bisa mencoba menginstall software antivirus yang powerfull seperti AVG atau Avira.
  2. OS Windows/ Software Bermasalah. Apabila Sistem Operasi Windows di Laptop anda bermasalah maka tentunya akan membuat kinerja kurang maksimal, salah satunya terjadi Hang. Tidak hanya pada OS saja, Software yang corrupt juga membuat kinerja tidak maksimal. Solusinya bisa dengan repair atau install ulang.
  3. Memori RAM Penuh. Yap, memori RAM yang penuh tentunya akan membuat kinerja software dan sistem melambat. Hal ini hanya terjadi pada PC atau Laptop Spek rendah, bisa RAM 1 GB atau hanya 2 GB. Lebihnya lagi, jika anda membuka banyak software yang boros RAM seperti Photoshop, Premiere Pro, atau Lightingroom.
  4. CPU Overheating. Panas berlebih pada CPU atau Processor tentu akan membuat kinerja melambat. Hal inilah yang akan membuat software atau sistem sering terjadi Error, Hang, Macet, dan Not Responding. Solusinya bisa dengan membersihkan debu pada Heatsink/Kipas. Selain itu, cek juga kondisi Processor, pastikan dalam keadaan baik. Segeraganti dan oleskan thermal paste yang baru pada heatsink dan processor.
  5. Hardisk Bermasalah. Hardisk yang bermasalah pastinya juga akan membuat PC terjadi hang. Solusinya bisa dengan perawatan secara software. Gunakan Aplikasi Cleaner atau Tune Up untuk membersihkan file temporary. Selain itu, jangan memaksakan Hardisk untuk menyimpan file lebih apabila telah terjadi low space dan badsector.

Mengatasi Komputer Hang

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang membuat computer terjadi Hang atau Macet, maka kali ini saya akan memberikan solusi mengatasi Hang atau Macet pada software atau OS Windows anda. Metode yang saya berikan kali ini sangat sederhana dan mudah untuk anda lakukan. Langsung saja simak Metode Mengatasi Komputer/Laptop Hang, Macet, Dan Not Responding berikut ini.

1. Tutup Software Yang Hang Secara Paksa

Untuk cara yang pertama, anda bisa mencoba untuk menutup software atau aplikasi yang berjalan atau yang mengalami masalah tersebut secara paksa. Untuk melakukannya, anda bisa mencoba masuk pada fitur Task Manager.

Sumber Image : JalanTikus

Untuk masuk pada Task Manager, anda bisa tekan tombol “CTRL+ALT+Del” sampai nantinya masuk pada Fitur Task manager. Pilih dan Hentikan software dengan klik “End Task”.

2. Hard Shutdown Komputer

Untuk cara yang kedua, anda bisa mencobanya dengan Hard Shutdown atau mematikan PC atau Laptop secara paksa. Caranya cukup mudah, anda tinggal tekan tombol “Power” selama 5 detik maka secara langsung Laptop atau Komputer anda akan mati. Dan dari situlah anda bisa mencoba menghidupkannya kembali.
Semoga masalah Hang yang anda alami tersebut bisa hilang dan PC anda bisa normal kembali.
sumber : dianisa

Post a Comment

0 Comments