PENGERTIAN ALGORITMA DAN FLOWCHART

 PENGERTIAN ALGORITMA

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Logis dalam hal ini dapat menghasilkan nilai benar atau salah. Masalah dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada syarat kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Konsep algoritma sering kali disetarakan dengan sebuah resep.

Sebuah resep biasanya memiliki daftar bahan atau bumbu yang akan digunakan, urutan pengerjaan dan bagaimana hasil dari urutan pengerjaan tersebut. Apabila bahan yang digunakan tidak tertera (tidak tersedia) maka resep tersebut tidak akan dapat dikerjakan. Demikian juga jika urutan pengerjaannya tidak beraturan, maka hasil yang diharapkan tidak akan dapat diperoleh.

Algoritma yang berbeda dapat diterapkan pada suatu masalah dengan syarat yang sama. Tingkat kerumitan dari suatu algoritma merupakan ukuran seberapa banyak komputasi yang dibutuhkan algoritma tersebut untuk menyelesaikan masalah.

Umumnya, algoritma yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam waktu yang singkat memiliki tingkat kerumitan yang rendah, sementara algoritma yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan suatu masalah membutuhkan tingkat kerumitan yang tinggi.

 

Perhatikan algoritma sederhana berikut.

Contoh 1.1. Algoritma membuat teh manis.

1. Start

2. Sediakan gelas

3. Tuangkan air panas

4. Berilah gula

5. Diaduk sampai rata

6. Masukkan teh celup sampai larut

7. Siap disajikan

 

Contoh 1.2. Algoritma menghitung luas segitiga.

1. Start

2. Baca data alas dan tinggi

3. Luas adalah alas kali tinggi kali 0.5

4. Tampilkan Luas

5. Stop

 

Contoh 1.3. Algoritma menghitung luas persegi panjang.

1. Start

2. Baca data panjang dan lebar

3. Luas adalah panjang kali lebar

4. Tampilkan Luas

5. Stop

 

Contoh 1.4. Algoritma menghitung volume balok.

1. Start

2. Baca data panjang, lebar dan tinggi.

3. Volume adalah panjang kali lebar kali tinggi

4. Tampilkan Volume

5. Stop

 

Pengertian, Jenis - Jenis, Simbol - Simbol, dan Contoh Flowchart

Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap symbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung.

Pengertian Flowchart ( BaganAlir ) adalah bagan  (chart) yang menunjukkan alir  (flow) di dalam program atau prosedur system secara logika. Bagan alir (flowchart) digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.

 

Jenis - Jenis Flowchart / Bagan Alir :

a. System Flowchart

System flowchart dapat didefinisikan sebagai bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem. Bagan ini menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Bagan alir system menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.

b. Document Flowchart

Bagan alir dokumen  (document flowchart)  atau disebut juga bagan alir formulir  (form  flowchart)  atau  paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya. 

c. Schematic Flowchart

Bagan alir skematik (schematic flowchart) merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem.

d. Program Flowchart

Bagan alir program  (program flowchart)  merupakan bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program.

e. Process Flowchart

Bagan alir proses  (process flowchart)  merupakan bagan alir yang banyak digunakan di teknik industri. Bagan alir ini juga berguna bagi analis system untuk menggambarkan proses dalam suatu  prosedur. 

 

Simbol - Simbol Flowchart / Bagan Alir :









Post a Comment

0 Comments