Jenis-Jenis & Contoh-Contoh Mind Mapping

 

Jenis-Jenis  Mind Mapping

Selama ini, kita mengenal beberapa jenis mind mapping yang secara umum banyak digunakan. Berikut beberapa jenis mind mapping, diantaranya:

  • Mind Map Silabus

Jenis mind mapping pertama yang perlu kita ketahui adalah Mind Map Silabus atau mind map makro. Mind mapping silabus adalah jenis mind mapping yang membantu memberikan gambaran tentang apa yang dipelajari dan biasanya mind mapping ini dibuat dengan ukuran besar dan ditempel di dinding. Berikut contoh mind mapping silabus:

  • Mind Map Bab

Kemudian ada juga jenis mind mapping berikutnya yakni Mind mapping Map Bab. Mind Mapping  ini dibuat berdasarkan rangkaian bab yang telah dipelajari, namun harus diringkas poin penting atau garis besarnya saja untuk mudah mengingatnya. Berikut contoh mind map bab:

  • Mind Map Paragraf

Selanjutnya ada Mind mapping paragraf. Tahukah kita? Nah, Jenis mind map paragraf ini dapat memberikan informasi secara lengkap karena selain bisa melihat ringkasan setiap bab, bisa juga mengetahui detail penjelasannya. Nah, keuntungan mengguanakan mind mapping paragraf tersebut adalah Mind map ini dapat dibuat di buku teks kecil lho guys.

Cara Membuat Mind Mapping Kreatif

Ada beberapa tips agar mindmapping lebih menarik, efektif , mudah dipahami dan menghemat waktu kita.

Temukan poin penting di tiap bab dan sub bab ketika membuat mind mapping

Nah, perlu kita ketahui, Sebelum mulai membuat Mind Map, temukan poin penting di setiap bab dan sub bab pada buku yang And abaca. Catat poin penting tersebut dalam kertas kecil. Misalkan dalam membuat mind mapping tersebut   adalah ketika kita akan menuliskan hal  penting dalam  suatu buku tentang motivasi  maka kita harus menulis poin- poin  yang ada pada buku tersebut.  Contoh  lainya jika kita akan membuat mind mapping tentang  “Menemukan Passion” kita mendapati ada 3 Sub Judul yaitu Ingat Mimpi Besar kita,  Pertanyaan tentang Passion,  Mencintai Passion

Pastikan peralatan sudah lengkap

Menyiapkan peralatan sebelum membuat mind mapping tentu sangat penting sekali. Seperti yang kita ketahui  Peralatan yang dibutuhkan dalam membuat mindmap adalah kertas gambar persegi panjang, spidol berwarna atau pensil warna, dan tentunya buku yang akan kita buat mind mapnya. Nah, jika peralatan  mind mapping sudah siap, maka kita sudah siap   menuliskan Kalimat Utama di Tengah Kertas kita tersebut. Dalam mebuat minda mapping tersebut kita bisa  berikan bentuk atau gambar khusus agar lebih menarik perhatian. Namun  Jika kita bukan tipe orang yang bisa menggambar, cukuplah hanya dengan menuliskannya danbuat lingkaran atau bentuk lain untuk melingkarinya.

Buat cabang untuk tiap judul

Dalm membut mind mapping yang kreatif, kita bisa membuat cabang untuk tiap judul terlebih dahulu. Hal tersebut tujuanya untuk memastikan ada ruang yang cukup untuk menuangkan gagasan dalam bentuk mind map.

Buat cabang sub judul pada setiap judul Mind Map

Nah jika kita sudah membuat cabang mind mapping pada setiap judul  tersebut  maka buatlah cabang pada setiap judul untuk menuliskan sub judul nya ya.

Gunakan Warna Berbeda untuk Tiap Judul

Membuat warna berbeda pada setiap judul pada mind mapping yang kita buat merupakan hal yang sangat perlu lho. hal tersebut berguna Agar memudahkan otak kita memahami mind map dengan cepat lho guys .

Gunakan Satu Kata/Frase

Perlu kita ingat , Setiap judul dan sub judul pada mindmap haruslah dituliskan dalam 1 kata atau frase saja. Misalkan, ketika kita kalimat berikut “Membangun Motivasi  Untuk  Berbisnis  ” maka kita cukup menuliskannya “Motivasi Bisnis”  saja  ya.

Contoh Mind Mapping

Mind mapping tidak serta merta hanya berisikan teori atau materi saja. Lebih dari itu, mind mapping sendiri bisa berisi sebuah ide, rancangan proyek, sampai ringkasan laporan hasil kerja. Tak heran jika mind mapping banyak diandalkan dalam berbagai macam aspek. Nah, di bawah ini ada beberapa contoh mind mapping yang bisa digunakan:

1. Mind Mapping Pohon

rosaliacerro.files.wordpress.co

Mind mapping yang paling sering ditemui adalah mand mapping pohon. Untuk bisa membuat mind mapping pohon tentunya bukanlah hal yang mudah. Kamu memerlukan kreatifitas yang tinggi untuk bisa membuat agar mind mapping pohon tersebut terlihat menarik. Mind mapping pohon sendiri merupakan salah satu tipe mind mapping yang sangat simpel dibanding dengan mind mapping lainnya.

Selain simpel, pembuatannya pun juga sangat mudah karena hanya menggambar pohon saja yang notabene orang bisa membuatnya dengan mudah serta bisa digunakan ke dalam berbagai macam materi apapun. Dalam pembuatan mind mapping pohon, maka gambar dari pohon itu sendiri bisa dijadikan sebagai pokok dari pembahasan. Sedangkan gambar dari ranting, akar atau daun bisa dijadikan sebagai poin-poin penting dari pokok materi tersebut.

2. Mind Mapping Simpel

nesabamedia.com

Jika kamu tidak terlalu menyukai hal-hal yang rumit, maka mind mapping simpel bisa menjadi pilihan. Mind mapping yang simpel ini bisa di buat dalam banyak jenis dan tipe. Katakan saja dengan tipe yang tidak terlalu banyak mengeluarkan inspirasi. Pembuatannya hanya untuk beberapa poin dan bentuknya tidak ribet pula untuk kategori mind mipping simpel.

Membuat mind mapping simpel tentunya tidak sesulit membuat mind mapping jenis lainnya. Karena kamu cukup membuat beberapa kolom, kemudian menghubungkan tersebut satu dan lainnya. Kamu pun bisa menambahkan mind mapping simpel yang telah dibuat dengan perpaduan bebearpa warna agar terlihat lebih menarik.

3. Mind Mapping Sekolah

desfortin.com

Ada berbagai macam tipe yang bisa kamu temukan dalam pembuatan mind mapping untuk kategori sekolah. Mind mapping yang dibuat bisa disesuaikan dengan materi yang akan dibahas. Misalnya, jika kamu ingin temanya kesehatan maka untuk mind mappingnya sendiri bisa dibuat dengan desain yang berbau tentang kesehatan. Mind mapping untuk sekolah sendiri, sudah tentu harus dibuat lebih menarik karena didalamnya mengandung banyak sekali materi yang harus dikuasai dan dipahami.

Dalam membuat mind mapping sekolah, usahakan bentuk yang kamu pilih terlihat simple namun memiliki banyak perpaduan warna. Dengan begitu, selain akan mudah dimengerti, tentunya akan semakin mudah untuk menghapal poin-poin yang ada. Dan setelah mengenal mind mapping sekolah lebih jauh, maka bisa diterapkan pula dalam pembuatan mind mapping pada aspek lainnya.

4. Mind Mapping Diri Sendiri

pixabay.com

Ada banyak sekali contoh mind mapping diri sendiri yang bisa kamu temukan. Jika kamu masih bingung, mind mapping diri sendiri ini adalah peta pemikiran yang dibuat untuk mempermudah pembelajaran kamu. Atau, bisa juga diartikan sebagai mind mapping yang dibuat untuk memetakan tentang diri kamu sendiri.

Nah, kalau berbicara mengenai mind mapping tentang diri sendiri, maka beberapa jenisnya antara lain bisa seperti mind mapping tentanga passion kamu, atau mind mapping tentang bagaimana koneksi kamu dengan lingkungan sekitar. Bisa juga contoh mind mapping struktur keluarga yang mungkin sudah menyebar dan sulit untuk di hafal.

Dalam pembuatannya, kamu bisa menggunakan salah satu bentuk yang kamu anggap menarik. Katakan saja dengan bentuk peta konsep bergaris, atau peta konsep simpel lainnya. Namun, jika ingin membuatnya lebih menarik, jangan lupa memberikan warna yang cerah dan menambahkan bentuk-bentuk unik lainnya.

5. Mind Mapping Bisnis

reycca.files.wordpress.com

Bisnis merupakan satu hal yang menjadi topik pembicaraan hangat pada saat ini. Ketika kamu ingin membuat sebuah konsep bisnis atau laporan sebuah proyek, kamu bisa mengandalkan mind mapping sebagai ringkasannya. Dengan membuat mind mapping, kamu akan semakin mudah memahami serta menjelaskan konsep bisnis atau laporanmu. Mind mapping bisa di katakan sebagai salah satu jalan keluar terbaik bagi kamu yang ingin mempelajari proyek atau laporan dengan mudah dan cepat.

Dalam pembuatannya, kamu pun bisa berkreasi sesuai imajinasi. Kamu bisa membuat mind mapping yang serius, simple, atau penuh kreatifitas. Pada umumnya mind mapping bisnis biasanya dibentuk dengan animasi tertentu, atau bertemakan alam. Namun, kamu juga tetap bisa membuat mind mapping bisnis dengan beberapa garis dengan beberapa kolom saja.

6. Mind Mapping Visi dan Misi Hidup

static1.squarespace.com

Mind mapping yang berisikan visi dan misi hidup ini sangat penting untuk dibuat, agar setiap pencapaian tertinggi pun bisa diketahui sejauh mana pencapaiannya. Dengan begitu, maka kamu pun bisa lebih mengetahui seberapa besar kamu memperjuangkan pencapaian yang telah dibuat. Maka dari itu, pembuatan mind mapping ini pun harus dibuat dengan baik dan benar.

Dalam pembuatannya, mind mapping visi dan misi hidup ini memiliki dua poin penting yang beda dan terpisah yang harus ditulis. Poin yang pertama adalah visi hidup, dan poin yang kedua adalah misi hidup. Kedua poin tersebut harus dibuat terpisah, dengan begitu maka akan mudah untuk membedakan mana visi maupun misi dari hidup kita sendiri. jika sudah, maka jangan lupa untuk memberikan sub poin yang berisi visi maupun misi dalam hidupmu yang mesti dicapai.

Post a Comment

0 Comments