Learning By Doing

Cara Membuat Video Iklan Yang Menarik Dan Berkesan

 


1. Tampilkan Logo Produk Pada Video Opening

Tips pertama yang bisa kamu terapkan agar video iklanmu menarik yaitu tampilkanlah logo produkmu pada video opening. Video opening bertujuan untuk mengenalkan logo atau merek produkmu.

Dan usahakan video openingmu tak lebih dari 10 detik. Lima detik sudah bagus. Jika tidak memungkinkan usahakan maksimal sepuluh detik saja.

Hal dikarenakan jika sudah lebih dari sepuluh detik, itu sudah termasuk tak efektif. Dalam kata lain, waktu sepuluh detik terlalu lama kalau hanya untuk menampilkan logo produk.

Hal ini juga akan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mengidentifikasikan merek iklan yang saat itu sedang ditonton. Percuma saja, iklanmu bagus tapi konsumen sulit mengidentifikasi produkmu.

Lalu gimana dong caranya?

Kamu bisa meletakkan logo merek produkmu langsung di awal video. Jika tak memungkinkan, kamu bisa meletakkan logomu di pojok video iklanmu untuk menunjukkan identitasmu.

Cara ini juga dilakukan oleh JD.ID. Jadi, penonton tetap tak kesulitan identifikasi merek dari JD.ID.

2. Tampilkan Produk Setelah Video Opening

Cara membuat video iklan selanjutnya agar video iklanmu menarik perhatian konsumen adalah dengan menampilkan produkmu setelah video opening.

Sebab selain menampilkan merek atau brand, menampilkan produk juga tak kalah pentingnya, loh. Bahkan saking pentingnya menampilkan produk, hampir semua video iklan online di Youtube rata-rata selalu menempatkan product placement miliknya di detik ke sepuluh.

Lalu gimana sih, cara efektif untuk hal ini?

Nah, kamu bisa menampilkan secara visual produkmu seperti yang dilakukan oleh Tokopedia. Iklannya menunjukkan ada seseorang karakter yang membeli kostu. superhero melalui Tokped.

 Kalau tak memungkinkan, kamu bisa menunjukkan produkmu melalui lisan saja. Ini diterapkan oleh Lazada. Jika diperhatikan di iklannya beberapa waktu lalu, Lazada tak menampilkan produknya. Akan tetapi di video ada seorang ibu yang meneriakkan Lazada sembari memegang smartphone.

3. Selipkan Pesan Moral di Video Iklanmu

Ini yang sebenarnya membuat sebuah iklan selalu diingat di hati para konsumen. Pesan moral. Pesan moral akan membuat sisi emosional para konsumen muncul.

Apalagi juka iklan diproduksi untuk keperluan Bulan Ramadhan, orang-orang berlomba untuk berbuat kebaikan. Menyisipkan pesan moral tentu akan membuat hati para konsumen tergugah.

Misalnya saja. Iklan produk GoJek.

4. Pastikan Iklanmu Memiliki Cerita

Cara selanjutnya agar iklan video menarik adalah dengan menyisipkan cerita di dalamnya. Pernah denger Selling with Storytelling nggak?

Untuk menyisipkan pesan moral, baiknya dengan membuat cerita dulu dari video iklan tersebut. Jadi, tak sebatas menjual produk saja.

Akan tetapi itu juga usaha untuk membangun koneksi melalui cerita. Teknik ini bisa kamu terapkan dengan menjadikan para konsumen sebagai pemeran utama.

Ini dikarenakan, hal yang dialami pemeran utama itu yang seringnya dialami oleh konsumen.

Misalnya iklan kecap Bango yang menceritakan tentang “Malika”.

5. Manfaatkan Lagu Populer Untuk Iklanmu

Untuk dapat diingat terus menerus oleh para konsumen, iklan yang baik bisa memanfaatkan lagu-lagu terkenal dan legend. Cara membuat video iklan dengan menggunakan lagu populer ini sudah sering diaplikasikan oleh brand terkenal.

Jika ditelaah, banyak sekali lagu-lagu Indonesia yang populer yang berhubungan dengan keluarga atau pun orang tua.

Misalnya saja iklan Teh Kotak yang menggunakan lagu Kahitna pada video iklannya.


Sumber: ceroboh.com



No comments:

Post a Comment

Adbox