Yang Perlu Diperhatikan Membuat Video intro Cinematic

 

Sedikit Pengalaman saya di dunia editor namun bukan berarti saya pro dalam bidang edit video atau foto namun ini tips dan ilmu yang mungkin bisa bermanfaat bagi kamu.

1.Pertama yang harus kamu perhatikan di video tersebut adalah "tema" video tersebut menjurus ke kategori apa sinematografi kah atau hiburan kah atau vlogging .

2.Kedua yang harus kamu perhatikan adalah color grading . Bagi editor video sangat penting diperhatikan warna dari video tersebut contohnya : jika kamu membuat video bernuansa alam kamu harus bisa menyesuaikan latar belakang video tersebut dengan warna yang sesuai dengan isi dan tema video tersebut jika kamu membuat video cinematic berarti kamu hsrus bersiap untuk memberi effec full color grading .

3. Ketiga yang harus kamu perhatikan adalah dari segi cutting atau perpindahan transisi dari satu video ke video lainnya . Ini memiliki peran penting dalam cerita dan isi dari video tersebut ketika kamu memasukki tahap awal intro persiapkan juga awal cerita yg akan kamu masukkan kedalam sebuah frame selanjutnya ketika video tersebut si aktor berbicara A berarti perpindahan transisi harus sesuai dengan aktor si B . Simple nya jika kamu memiliki 1 kamera berarti kamu harus bisa menyesuaikan video sebelumnya perpindahan transisi jangan asal karena itu menentukan bagaimana alur cerita yang unik setiap perpindahan transisi/frame

4. Keempat yang harus kamu perhatikan adalah backsound dari video tersebut . Kamu suka dengan kategori action , dokumenter , hiburan atau drama . Sesuaikan dengan video tersebut nah ini nyambung dengan opsi ke 3 , ketika kamu membuat video dan berpindah transisi perhatikan juga musik/lagu yang berjalan , misalnya : musik memiliki 4 ketukan nada dalam setiap video berarti harus memiliki 4 perpindahan transisi agar transisi sesuai dengan musik searah berjalannya musik , karena itu membuat video tersebut semakin ter-arah

5 . Yang terakhir yang kamu harus perhatikan adalah durasi . Durasi menentukan seberapa tertarik video kamu diminati oleh orang banyak , durasi juga menentukan seberapa baiknya kamu memberi nuansa pada editan kamu , semisal video kamu dalam sistem cut ada 20 file video , bagaimana file video tersebut bisa membuat durasi 5 menit namun setiap video mu memiliki transisi yg pas . Saya contohkan : 1 video mentahan kamu berdurasi 5 sampai 10 detik , yang hsrus kamu lakukan adalah memotonh bagian2 yang menurut kamu tidak penting dan mengganti dengan efek atau jeda yang diberi dengan efek atau teks agar videomu tidak hambar lalu kalo video saya vlog gimana , sama halnya dengan vlog setiap transisi video yang kurang diberi kombinasi dengan efek tujuannya agar video yang kita edit tidak " kosong " atau tidak terlalu " diam " .

 

sumber: id.quora.com

Post a Comment

0 Comments