Alat Alternatif untuk Belajar Online

Ketika sudah ada Zoom dan Google Classroom yang membuat pembelajaran online bekerja dengan sangat baik bagi kami, tidak banyak alasan untuk menjelajahi opsi lain untuk ruang kelas online. Mereka telah menjadi platform tujuan bagi banyak pendidik karena fitur perangkat lunak yang mudah dipelajari dan aksesibilitas instan.  

Tetapi bagaimana jika kami memberi tahu Anda bahwa ada program lain yang juga dapat menyelesaikan pekerjaan? Lebih baik, pada saat itu. Tentu, Zoom dan Google Classroom dapat dianggap sebagai standar pengaturan ruang kelas online, tetapi apakah Anda pernah mencoba Discord?

Discord adalah aplikasi obrolan, mirip dengan program seperti Skype atau platform komunikasi seperti Slack. Ini mendukung obrolan suara dan teks, panggilan video, dan berbagi layar, memberi pengguna banyak opsi untuk terhubung dan berkomunikasi. Ini beroperasi pada dua tingkat: server dan saluran. Server bertindak sebagai ruang kelas dan saluran mengatur panggung untuk diskusi terbuka. Meskipun mendapatkan popularitas sebagai aplikasi untuk para gamer, Discord telah mendiversifikasi identitas dan layanannya untuk memenuhi kebutuhan komunikasi secara umum.  

Jika Anda belum terbiasa dengannya, berikut adalah beberapa alasan bagus mengapa Anda harus mempertimbangkan Discord saat berikutnya Anda mengadakan kelas online:

1. Gratis dan Dapat Diakses 

Ini tersedia di seluler dan desktop yang membuatnya mudah digunakan. Plus, semua fitur yang Anda perlukan dari kelas online ada di sana. Jika Anda menginginkan pengalaman yang ditingkatkan, ada opsi berbayar yang disebut "Discord Nitro."

2. Berorientasi Kelompok dan Kolaboratif

Ini semua tentang saluran. Anda dapat mengatur saluran suara di mana setiap orang dapat berinteraksi dan bergerak bebas ke saluran yang berbeda. Anda juga dapat membuat saluran teks yang memberi Anda semua fleksibilitas yang Anda butuhkan dalam memfasilitasi tugas Anda. (unggah file, posting pembaruan, bagikan gambar, tinjau pelajaran sebelumnya, dll.)

3. Anda Dapat Menetapkan Peran

Jika ada topik serius yang harus dibahas atau pertemuan kelompok yang perlu diadakan, guru dapat membuat tugas peran sehingga hanya kelompok tertentu yang dapat terlibat dalam diskusi.

4. Satu Akses Undangan Pass

Tidak perlu banyak kode untuk setiap sesi kelas. Satu undangan awal sudah cukup untuk seluruh kelas. Jika Anda memiliki akun, cukup klik undangan, masuk, dan Anda siap melakukannya! Jika Anda belum memilikinya, Anda masih dapat mengeklik undangan dan mendaftar dari sana.

5. Suara, Video, dan Berbagi Layar

Discord memungkinkan Anda melakukan obrolan suara, panggilan video, dan berbagi layar semua dalam satu saluran. Yang keren adalah mereka mengizinkan hingga 50 orang dalam fitur berbagi layar mereka (sementara naik dari 10 sebagai respons terhadap situasi saat ini).

6. Lihat Siapa yang Mendengarkan dan Siapa yang Tidak

Sudah cukup sulit untuk melacak siapa yang berpartisipasi di kelas reguler, apa lagi di kelas online? Discord memberi tahu Anda ketika seseorang melakukan sesuatu di luar diskusi melalui pesan status mereka. Ini juga memberi Anda kemampuan untuk memberikan umpan balik langsung dan berinteraksi dengan siswa Anda kapan saja.

7. Penggunaan Data Minimal 

Karena Discord adalah aplikasi obrolan, itu tidak memerlukan terlalu banyak data atau kecepatan internet tinggi untuk kinerja yang optimal. Anda dapat terhubung ke panggilan audio bahkan dengan kecepatan internet minimal dan dapat menghabiskan kurang dari 60MB dalam waktu sekitar 3 jam.



Meskipun Discord memiliki banyak fitur luar biasa, berikut adalah beberapa kemungkinan kerugian yang harus Anda pertimbangkan:

1. Batasan Usia

Discord membatasi aksesnya ke pengguna berusia 13 tahun ke atas. Sayangnya, pendidik dengan siswa sekolah dasar belum dapat menggunakan Discord.

2. Kurva Pembelajaran yang Menantang

Antarmukanya yang unik dan banyak pilihan membuat Discord sedikit membingungkan, terutama untuk pengguna pertama kali. Jelajahi dan utak-atik untuk melihat apa yang cocok untuk Anda; Anda akhirnya akan menguasainya.

3. Batas Ukuran File

Discord hanya mengizinkan hingga 8MB saat mengirim atau mengunggah file. Jika Anda berencana untuk membagikan video atau mengunggah presentasi, pastikan itu dikompresi atau dalam batas. Atau gunakan penyimpanan cloud untuk mengirimkannya sebagai tautan.

4. Hanya 2000 Karakter

Discord memiliki batas kata 2000 karakter untuk menghindari pesan yang panjang dan berisi spam. Jadi lain kali Anda mengirim pesan, buatlah pesan yang singkat dan manis.

5. Menjelajah Melalui Aplikasi Saat Melakukan Panggilan

Server lain yang mungkin tidak terkait dengan sekolah (sekali lagi, Discord mendapatkan popularitas sebagai aplikasi obrolan untuk video game) masih terlihat bahkan saat dalam panggilan, yang mungkin menjadi penyebab gangguan.

Bagi sebagian dari kita, e-learning telah menjadi transisi yang sulit. Masalah koneksi yang terus-menerus, kecepatan internet yang lambat, panggilan video yang menguras tenaga, respons tertunda yang membuat frustrasi, dan faktor tak terkendali lainnya telah membuat ruang kelas virtual menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Namun, pembelajaran terus berlanjut melalui platform online.

Discord bertujuan untuk membantu membangun komunitas belajar di mana setiap orang dapat bekerja sama dan berkolaborasi sebanyak mungkin—tempat yang menyenangkan dan interaktif bagi guru dan siswa. Sebagian besar fiturnya dirancang untuk memaksimalkan partisipasi, keterlibatan, dan komunikasi sehingga semua orang dapat terlibat dalam prosesnya.

Jadi, jika Anda ingin mencari tempat baru untuk belajar dan terhubung dengan orang-orang, Discord mungkin cocok untuk Anda.

sumber: philippines.makesense.org

Post a Comment

0 Comments