Membuat Intro Animasi Menarik di PowerPoint



Jika Anda ingin membuat serangkaian video pelatihan atau promosi singkat, ada baiknya Anda memiliki intro yang diletakkan di depan setiap video. Ini mungkin termasuk pencitraan merek perusahaan Anda atau hanya membuat tema yang dikaitkan pemirsa dengan video Anda.

Karena Anda akan menambahkan video, akan terlihat lebih baik saat Anda menganimasikan intro sehingga intro tidak statis. Anda dapat dengan mudah membuat animasi di PowerPoint yang cukup mirip video.

Ini adalah intro animasi yang akan saya jelaskan di posting ini.

Dalam posting ini, saya akan menjelaskan bagaimana saya membuat animasi slide dan bagaimana menggunakannya untuk video yang menyertakan slide itu, konten Anda, ditambah outro.

1. Tambahkan konten ke slide Anda

Langkah pertama adalah menambahkan konten ke slide Anda. Ini dapat mencakup video, bentuk, gambar, dan teks.

Tambahkan video latar belakang

Anda dapat menambahkan video ke presentasi Anda dan video itu kemudian akan menjadi bagian dari video yang Anda buat saat Anda mengekspor ke video. Betapa kerennya itu?

Untuk membuat slide lebih seperti video, saya mengunduh video dari pixabay.com. Anda akan menemukan video yang saya gunakan di sini . Video ini berfungsi sebagai latar belakang slide. Anda bisa menggunakan gambar statis sebagai gantinya.

Untuk menyisipkan video, pilih Sisipkan, Video, Video di PC Saya. Perluas untuk menutupi seluruh slide. Pada tab Pemutaran (yang muncul saat Anda memilih video), di samping Mulai, pilih Secara Otomatis. Saat Anda menambahkan animasi, pastikan video tetap sebagai item animasi pertama di Panel Animasi.

Video ini terlalu panjang dan Anda dapat memangkasnya di PowerPoint. Pada tab Pemutaran, pilih Pangkas Video dan seret penggeser. Tetapi Anda tidak akan tahu berapa lama untuk membuatnya sampai Anda menyelesaikan animasi Anda. Dalam situasi ini, saya akhirnya memangkasnya menjadi sekitar 6 detik karena animasinya sekitar selama itu.

powerpoint-tips-animasi-intro-1

Tambahkan elemen slide–bentuk dan teks

Untuk membuat teks lebih jelas, saya menambahkan persegi panjang semi-transparan di sisi kanan slide di atas video. Sisipkan persegi panjang, lalu klik kanan dan pilih Format Bentuk. Klik ikon Isi dan pilih warna. Saya memilih Hitam. Kemudian atur transparansinya. Setelah menambahkan teks, Anda mungkin ingin menyesuaikan tingkat transparansi untuk memastikan teks dapat dibaca tetapi video tetap ditampilkan.

Di sini, saya menggunakan pengaturan transparansi 24%.

Sisipkan kotak teks di atas persegi panjang

Karena saya ingin menganimasikan setiap baris teks secara terpisah, saya memasukkan 3 kotak teks dan memasukkan teks. Berbagai ukuran membantu membuat pemirsa tetap tertarik. Ingat, ini bukan slide teks dasar Anda!

Untuk mengkotak teks, saya menggunakan Frame. Anda dapat menemukannya di galeri Bentuk pada tab Beranda, di bawah Bentuk Dasar. Anda bisa mendapatkan efek yang sama menggunakan persegi panjang tanpa isian dan garis besar lebar, tetapi Bingkai mengatur semuanya untuk Anda. Pilih warna garis yang diinginkan dan letakkan di sekitar teks.

powerpoint-tips-animasi-intro-22. Animasikan elemen-elemennya

Sekarang sampai pada bagian yang menyenangkan, menjiwai elemen-elemennya.

Menggunakan Panel Seleksi (tab Beranda, grup Pengeditan, Pilih, Panel Seleksi), saya mengganti nama semua objek. Ini sangat membantu saat Anda menganimasikan beberapa objek, serta menetapkan beberapa animasi ke objek.

Perhatikan bahwa item pertama adalah video Pixabay.

Klik tab Animations dan klik Animations Pane. Untuk setiap animasi:

  1. Pilih Tambahkan Animasi.
  2. Pilih animasi yang Anda inginkan.
  3. Pilih opsi efek yang Anda inginkan, baik dengan mengklik Opsi Efek pada pita atau dengan mengklik kanan animasi di Panel Animasi dan memilih Opsi Efek.
  4. Tentukan opsi Mulai pada pita (Saat Klik, Dengan Sebelumnya, atau Setelah Sebelumnya).
  5. Atur waktu (durasi dan tunda) pada pita.

Berikut adalah ikhtisar objek dan animasinya.

Pintu masuk:

Persegi panjang hitam: Animasi-Terbang Masuk / Opsi Efek-Dari Kanan / Mulai-Dengan Sebelumnya / Durasi-0,75 detik

Kotak Teks-HARI INI: Animasi-Terbang Masuk / Opsi Efek-Dari Kanan / Mulai-Dengan Sebelumnya / Durasi-0,75 detik / Tunda-0,70 detik

Textbox-TIPS: Animasi-Terbang Masuk / Opsi Efek-Dari Kanan / Mulai-Dengan Sebelumnya / Durasi-0,75 detik / Delay-1,0 detik

Kotak teks-untuk manajemen waktu yang lebih baik: Animasi-Terbang Masuk / Opsi Efek-Dari Kanan / Mulai-Dengan Sebelumnya / Durasi-0,75 detik / Tunda-1,3 detik

Bingkai Biru: Roda Animasi / Opsi Efek-3 Jari-jari / Mulai-Dengan Sebelumnya / Durasi-0,75 detik / Penundaan-1,6 detik

KELUAR:

Bingkai Biru: Animation-Wheel / Effect Option-` Spoke / Start-With Sebelumnya / Duration-1.0 detik / Delay-3.5 detik

Kotak Teks-HARI INI: Animasi-Terbang Keluar/ Opsi Efek-Ke Kanan / Mulai-Dengan Sebelumnya / Durasi-0,75 detik / Tunda-4,10 detik

Textbox-TIPS: Animasi-Terbang Keluar/ Opsi Efek-Ke Kanan / Mulai-Dengan Sebelumnya / Durasi-0,75 detik / Tunda-4,50 detik

Kotak teks-untuk manajemen waktu yang lebih baik:  Animasi-Terbang Keluar/ Opsi Efek-Ke Kanan / Mulai-Dengan Sebelumnya / Durasi-0,75 detik / Tunda-4,70 detik

Setelah Anda menyiapkan ini, uji dalam tampilan Slide Show dan buat penyesuaian sesuai keinginan.

3. Buat video terakhir

Untuk membuat video dengan intro, outro, dan konten di tengah, Anda akan mengompilasi elemen dan mengatur pengaturan waktu slide.

Tambahkan bagian luarnya

Tambahkan slide lain dengan animasi outro. Anda dapat menduplikasi slide intro dan mengubah teks atau animasi.

Tambahkan konten

Sisipkan slide di antara intro dan outro. Jika Anda membuat video, sisipkan di sana, ukuran untuk menutupi seluruh slide, dan pada tab Pemutaran, atur untuk memulai secara otomatis.

Jika Anda ingin menggunakan slide, tambahkan di antara intro dan outro.

powerpoint-tips-animasi-intro-4Setel waktu slide

Anda perlu menentukan berapa banyak waktu yang akan dihabiskan video untuk setiap slide. Untuk konten video, tentukan durasinya. Anda dapat melakukannya dengan mengarahkan kursor ke akhir garis waktu (di sebelah kanan tombol Putar).

Untuk animasi, di Panel Animasi, arahkan kursor ke sisi kanan kotak Mulai/Akhir item animasi terakhir (hijau untuk Masuk, merah untuk Keluar) dan Anda akan melihat total waktu animasi. Ini 5,45 detik.

powerpoint-tips-animasi-intro-3Untuk setiap slide, di bagian Slide Lanjutan pada tab Transisi, centang kotak Setelah dan masukkan jumlah detik. Saya biasanya membulatkan ke detik terdekat, jadi saya masuk 6.00. Jika ada teks yang Anda ingin agar dibaca orang, berikan waktu yang cukup bagi mereka untuk membacanya. Anda mungkin ingin memberikan waktu ekstra pada slide terakhir sehingga video tidak berakhir secara tiba-tiba setelah animasi terakhir.

Masuk ke tampilan Slide Show dan tonton animasi dan pemutaran video. Anda tidak perlu mengklik sama sekali. Jika ada yang tidak berfungsi dengan baik, lakukan koreksi.

Ekspor sebagai video

powerpoint-tips-animasi-intro-5Untuk membuat video, pilih File, Ekspor, Buat Video. Dari daftar tarik-turun, pilih kualitas video. Opsi akan bergantung pada versi PowerPoint Anda — versi terbaru menawarkan hingga 4K. Jika Anda akan menempatkan video online, Anda dapat memilih resolusi yang lebih rendah. Jika Anda akan menampilkannya di layar besar, pilih resolusi tertinggi yang tersedia.

Daftar drop-down di bawah ini yang memungkinkan Anda memilih untuk menggunakan atau tidak menggunakan pengaturan waktu dan animasi. Standarnya adalah menggunakannya, yang Anda inginkan.

Klik Buat Video untuk mengekspor video. Proses pembuatan video dapat memakan waktu; itu tergantung pada panjang dan kualitas. PowerPoint menyimpan video di lokasi yang sama dengan file presentasi.

Contoh tutorial video animasi text :







sumber: https://www.ellenfinkelstein.com/

Post a Comment

0 Comments