Mendesain Produk Kemasan Dengan Canva

Bagaimana cara mendesain kemasan saya di Canva?

Untuk sebagian besar pengguna, Anda cukup membuka template dieline menggunakan Adobe Illustrator dan mulai menempatkan karya seni Anda langsung di dieline itu sendiri. Untuk mencapai hasil yang sama di Canva, Anda akan sj?ecara efektif membuat satu gambar untuk setiap panel dieline kemasan Anda (mis. bagian depan kotak, tutup kotak, sisi kiri kotak, dll.).

Langkah 1 - Tentukan ukuran kotak Anda

Mulailah dengan menentukan jenis kotak yang Anda inginkan dan dimensi kotak Anda. Ini adalah langkah paling penting karena Anda kemudian perlu mencari tahu ukuran setiap panel kotak Anda. Sebagai contoh, kotak di bawah ini adalah kotak surat dengan dimensi 10" (L) x 6,5" (L) x 2" (T).

Penting juga untuk memahami tema dasar kemasan Anda, skema warna Anda dengan kode warna, dan apakah Anda ingin itu dirancang di dalam, di luar, atau keduanya. Memiliki ini akan memberikan gambaran yang baik tentang apa yang Anda butuhkan untuk merancang.

Langkah 2 - Tentukan ukuran panel



Dari gambar kotak surat di atas, Anda dapat mengetahui bahwa ketika diletakkan rata, panel depan kotak akan berukuran 10" x 2", panel samping akan berukuran 6,5" x 2", dan tutupnya akan berukuran 10" x 6,5" .

Mari kita mulai dengan mendesain panel depan kotak, yaitu 10" x 2". Di Canva, klik 'Buat desain', lalu klik 'Dimensi khusus'.


Selanjutnya, masukkan dimensi dan pastikan untuk mengatur unit ke inci (atau cm) bukan piksel. Perhatikan bahwa untuk memperhitungkan bleed dalam pencetakan, sebaiknya tambahkan 0,5" ke setiap sisi panel Anda untuk memperhitungkan setiap pergeseran kertas/gerakan selama produksi. Dalam contoh kami, kami akan menyetel dimensi di Canva ke 10,5" x 2.5". Memiliki ukuran kanvas yang sedikit lebih besar juga akan memungkinkan kita untuk melakukan penyesuaian di kemudian hari daripada memiliki ukuran kanvas yang terlalu kecil.


Langkah 3 - Desain pada setiap panel

Sekarang saatnya untuk mulai mendesain!

Contoh Panel Flap Depan

Tambahkan logo, gambar, pola, dan teks ke panel Anda. Saat mengunggah gambar, Anda ingin memastikan bahwa gambar Anda beresolusi tinggi. Lihat panduan Canva tentang resolusi gambar di sini untuk kiat praktik terbaik.

Gambar di bawah ini adalah contoh desain yang sudah selesai untuk satu panel, tapi jangan khawatir, kami akan menjabarkan langkah-langkahnya di bawah ini!


Langkah 3a - Pilih warna kanvas

Untuk desain ini, mulailah dengan mengklik kanvas dan pilih warna di kiri atas. Anda dapat memilih warna default atau menambahkan warna baru.


Langkah 3b - Unggah elemen ke kanvas Anda

Selanjutnya, klik 'Elemen' dan ketik elemen yang Anda cari. Anda dapat mengurutkannya berdasarkan foto atau grafik. Perhatikan bahwa beberapa elemen hanya tersedia tanpa tanda air jika Anda memiliki Canva Pro.

Setelah Anda memilih elemen, Anda dapat menyesuaikan warna elemen (apakah warna batas atau warna isian) di kiri atas. Dalam contoh kita, kita akan mengubah garis hitam di awan menjadi garis putih.


Untuk membuat awan kita sedikit lebih menonjol, kita akan menambahkan efek 3D. Untuk melakukannya, salin dan tempel cloud, dan posisikan elemen yang ditempelkan sedikit miring dari elemen pertama.


Klik pada simbol transparansi di kanan atas dan ketik atau seret lingkaran putih ke nomor transparansi yang diinginkan.


Sekarang mari kita memposisikan ulang awan semi-transparan ini di belakang awan utama. Pilih awan semi-transparan, Klik 'Posisi' dan klik 'Untuk kembali'.


Pilih kedua awan ini dan klik 'Grup' untuk mengelompokkan elemen-elemen ini bersama-sama.


Kemudian salin dan tempel seluruh kanvas ke posisi yang Anda inginkan.


Kemudian salin dan tempel seluruh kanvas ke posisi yang Anda inginkan.


Langkah 3c - Tambahkan teks ke kanvas Anda

Untuk menambahkan teks, klik 'Teks' di sebelah kiri pilih font yang Anda inginkan, dan ketik teks yang ingin Anda tampilkan. Anda juga dapat mengubah font, ukuran font, dan warna di kiri atas.


Untuk efek teks lainnya, klik 'Efek' di kanan atas.


Setelah selesai mendesain, pastikan untuk memberi nama file ini dengan nama panel untuk referensi yang mudah. Karena ini adalah panel penutup depan di bagian luar kotak dengan dimensi 10,5" kali 2,5", Anda dapat memberi nama panel ini seperti "Luar - Penutup Depan (10,5 x 2,5)."

Ketika kanvas Anda telah diberi nama dengan benar, klik 'Unduh' di kanan atas untuk menyimpan file Anda.

Simpan sebagai file 'PDF - Cetak'

Biarkan kotak 'Tanda tanaman dan pendarahan' tidak dicentang

Klik 'Unduh' untuk menyimpan file ini.


Ulangi proses ini sampai Anda memiliki desain untuk semua panel kotak Anda!

Panel Atas


Panel bawah


Panel Dinding Kiri


Panel Dinding Kanan



Panel depan

Catatan penting: Ingatlah bahwa saat Anda mendesain di Canva, semua warna yang Anda lihat di layar berada dalam mode RGB. Saat mencetak, warna akan menggunakan CMYK, dan saat ini tidak ada opsi untuk melihat warna dalam mode CMYK di Canva. Meskipun demikian, Anda dapat mengunduh desain Anda sebagai PDF dan mengonversinya ke CMYK menggunakan alat seperti ini, yang memungkinkan Anda melihat desain Anda yang akan sangat mirip dengan warna yang akan dicetak. Jika Anda senang dengan hasilnya, maka bagus! Jika tidak, sebaiknya kembali ke Canva dan ubah warna di layar hingga warna dalam PDF yang dikonversi menjadi seperti yang diharapkan. Info lebih lanjut tentang RMB vs CMYK dapat ditemukan di posting blog ini.

Langkah 4 - Tambahkan desain ke dieline
Setelah Anda menyimpan semua desain Anda, ini sekarang perlu ditempatkan pada bagian yang sesuai dari dieline.

Jika Anda memiliki akses ke Adobe Illustrator, buka file dieline di Adobe Illustrator, lalu seret setiap file ke bagian yang sesuai dari dieline.
Sumber: parkmojo.com



Post a Comment

0 Comments